RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : MI NURUL
JIHAD
Mata pelajaran : IPA
Kelas / semester :
V/ I
Alokasi waktu :
4 X 35 menit (2 kali pertemuan)
Standar kompetensi :
·
Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kompetensi dasar :
·
Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan
·
Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator
Pertemuan
ke 1
·
Menjelaskan
pengertian fotosintesis
·
Menyebutkan
bahan-bahan fotosintesis
·
Menyebutkan
hasil-hasil fotosintesis
·
Menjelaskan
proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
·
Menjelaskan
tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan
·
Menyebutkan
contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan
Pertemuan
ke 2
·
Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan oleh
manusia dan hewan
·
Menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan
·
Menyebutkan
contoh manfaaat tumbuhan hijau bagi
manusia dan hewan
·
Memprediksi
kehidupan hewan dan manusia tanpa tumbuhan hijau
·
Memanfaatkan
tumbuhan hijau yang ada disekitar dan menjaga kelestariannya sebagai bentuk
Syukur kepada Allah.
I.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan ke 1
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian fotosintesis
·
Siswa
dapat menyebutkan bahan-bahan fotosintesis
·
Siswa
dapat menyebutkan hasil fotosintesis
·
Siswa
dapat menjelaskan proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
·
Siswa
dapat menjelaskan tempat penyimapanan cadangan makanan pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan
makanan
Pertemuan ke 2
·
Siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan oleh hewan dan manusia
·
Siswa
mampu menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan
·
Siswa
dapat memprediksi kehidupan hewan dan manusia tanpa tumbuhan hijau
·
Siswa
dapat memanfaatkan tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar dan menjaga kelestariaannya
sebagai bentuk syukur kepada Allah
II. Materi
pembelajaran : “Tumbuhan Hijau”
Tumbuhan
hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari yang disebut
dengan fotosintesis. Air dan karbondioksida diolah di dalam daun dengan bantuan
cahaya matahari yang diserap oleh klorofil menjadi karbondioksida dan oksigen.
Karbohidrat yang dihasilkan menjadi cadangan makanan yang disimpan dibagian
tumbuhan itu sendiri seperti umbi,buah,batang,dan biji-bijian.contoh tumbuhan
yang menyimpan makanan didalam umbi seperti wortel,kentang,sedangkan yang dalam
buah seperti apel,anggur,di dalam batang yaitu tebu dan sagu sedangkan
biji-bijian yaitu kacang-kacangan.
Bagan
fotosintesis yaitu:
cahaya
H2O
+ CO2 ----------------> C6H12O6
+ O2
klorofil
Tumbuhan
hijau sangat penting untuk kelangsungan hidup makahluk hidup seperti hewan dan
manusia karna merupakan sumber makanan, adpaun bagian tumbuhan yang dapat
dimanfaatkan menjadi makanan yaitu bunga contohnya bunga kol,daun-daunan
contohnya daun sawi,sedangkan buah-buahan contohnya buah apel,umbi-umbian
seperti wortel,tunas contohnya rebung dan biji-bijian contoh kacang-kacangan.
Manfaat
lain dari tumbuhan hijau selain sebagai sumber makanan yaitu sebagai bahan
penyedap rasa contohnya bumbu masakan, sebagai bahan obat-obatan contohnya
tumbuhan yang dimanfaatkan sebgai jamu,
sebagai sandang contohnya kain dari
tanaman kapas, sebagai bahan peralatan rumah tangga contohnya meja yang
terbuat dari kayu. Tumbuhan hijau sangat penting bagi kehidupan manusia dan
hewan karna selain sebagai sumber makana tapi juga untuk memenuhi kebutuhan
yang lainnya karna manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan hijau
untuk bertahan hidup tanpa tumbuhan hijau maka kemungkinan kehiduoan makhluk
lain akan punah.
III.
Metode pembelajaran : ceramah dan tanya jawab,diskusi
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1;
A.
Kegiatan awal:
- Salam
- Absensi
- Motivasi
“Anak-anak apa sudah siap kita belajar? Pada hari ini
kita akan mempelajari tentang proses pembuatan makanan pada tumbuhan,nah
ternyata tumbuhan juga memerlukan makan dan tumbuhan tersebut dapat menyimpan
cadangan makanan sendiri.
- Apersepsi
“Nah sekarang
ibu mau bertanya siapa yang pernah lihat kambing makan rumput yang segar?selain
kambing yang makan rumput itu ternyata rumput yang dimakan itu juga memerlukan
makanan,sekarang siapa yang tahu bagaimana cara tumbuhan membuat makanan?
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Guru memperlihatkan peta konsep yang
telah dipersiapkan sebelumnya.
2. Guru meminta siswa untuk memahami
peta konsep tersebut
3. Guru menjelaskan tentang penggunaan peta
konsep tersebut
4. Guru menggali informasi dengan
mengadakan tanya jawab seputar masalah fotosintesis
b. Elaborasi
1. Guru meminta jawaban siswa satu persatu
pendapatnya tentang fotosintesis
2. Siswa menyampaikan pendapatnya yang
nantinya akan dikoreksi oleh guru
3. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
seputar bahan dan hasil fotosintesis
4. Siswa diminta menjawab dengan memahami
peta konsep
5. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
seputar tempat penyimpanan cadangan makanan.
6. Guru mengajak siswa menyimpulkan materi
berdasarkan pendapat siswa
c. Konfirmasi
1. Guru mengkonfirmasi jawaban siswa
2. Guru memberikan penguatan terhadap
jawaban siswa
3. Guru menanamkan nilai-nilai keislaman
kapada para siswa dengan mensyukuri ciptaan Allah dimana tumbuhan mampu membuat
makanan sendiri dan menyimpan cadangan makanan sendiri di bagian tubuhnya.
C.
Kegiatan penutup
1. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.
2. Guru mengadakan umpan balik
3. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pelajaran
4. Guru meminta siswa untuk membaca materi
selanjutnya tentang ketergantumgan makhluk hidup terhadap tumbuhan hijau.
5. Guru menutup pelajaran
Pertemuan ke 2
a.
Kegiatan awal
·
Salam
·
Absensi
·
Motivasi
“Apa
kabar anak-anak?sudah siap belajar hari ini?hari ini kita akan melanjutkan
pelajaran kemarin tentang ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau”
·
Apersepsi
“Nah
anak-anak siapa yang masih ingat bagaimana proses fotosintesis terjadi?yang tahu
tunjuk tangan ya”
b.
kegiatan inti
a. Eksplorasi.
1. Guru memperlhatkan gambar-gambar yang
berhubungan dengan manfaat tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan.
2. Guru meminta siswa menentukan dari
gambar-gambar tersebut apa saja manfaat tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia
dan hewan.
b. Elaborasi
1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
2. Siswa diminta menentukan manfaat
tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan dari gambar yang ada.
3. Siswa mendiskusikannya sesuai kelompok
masing-masing dan guru juga meminta kelompok yang ada untuk mendiskusikan juga
bagaimana keadaan manusia dan hewan tanpa tumbuhan hijua didunia.
4. Guru membimbing dan mengontrol
kelompok-kelompok yang ada.
5. Guru meminta siswa melaporkan hasil
diskusi sesuai kelompok masing-masing.
6. Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7. Guru menjelaskan kembali tentang materi yang dipelajari.
c.
Konfirmasi
1. Guru mengkonfirmasi jawaban dari
siswa.
2. Guru memperkuat penjelasan tentang materi.
3. Guru menanamkan nilai-nilai keislaman
dengan memperkuat penjelasan bahwa kita sebgai mahkluk Allah harus mensyukuri
adanya tumbuhan hijau yang membantu manusia dalam bertahan hidup dan hendaknya
sebagai bentuk rasa syukur manusia bisa memanfaatkannya dan menjaga
kelestariannya didunia ini karna Allah tidak menyukai orang-orang yang
melakukan kerusakan dimuka bumi ini.
c.
Kegiatan penutup
1.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.
2.
Guru
meminta siswa mengulang kembali pelajaran dirumah dan membaca buku.
3.
Guru
menutup pelajaran
V.
Sumber/media :
- Buku IPA kelas 5 SD
(BSE dan Erlangga)
- Peta konsep, gambar daun , tumbuhan kecil dan
senter, gambar buah,umbi-umbian, batang dan akar,bunga,gambar
pakaian atau sandang,peralatan rumah tangga,obat-obatan dan bumbu masakan.
VI.
Penilaian
:
1.
Minggu
pertama
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Instrumen/ soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
o Menjelaskan
pengertian fotosintesis.
o Menjelaskan
proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya
matahari .
o Menunjukkan
tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
o Memberikan
contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan!
|
o Jelaskan
pengertian fotosintesis!
o Jelaskan
proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya
mathari!
o Sebutkanlah
tempat
tumbuhan
menyimpan cadangan makanan!
o Sebutkanlah
masing-masing dua contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan
makanan!
|
o Fotosintesis
adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya
matahari.
o Proses
fotosintesis yaitu dimana air dan karbondioksida bergabung dengan bantuan
cahaya matahari yang diserap melalui klorofil didalam daun menghasilkan
karbohidrat dan oksigen.
o Umbi
(5)
Buah (5)
Batang (5)
Biji (5)
o Umbi=
kentang,wortel (5) Buah= apel,mangga (5)Batang=tebu,sagu (5)
Biji= jagung,kacang hijau (5)
|
30
30
20
20
|
2.
Minggu
kedua
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Instrumen atau soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
o Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o Menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o Memprediksi
yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.
o Memanfaatkan
tumbuh an hijau dan menjaga
kelestariannya sebagai bentuk syukur kepada Allah.
|
o Sebutkan
bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebgai sumber makanan!
o Jelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi kebutuhan manusia dan hewan sebagai sumber makanan!
o Jelaskan
bagaimana keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau! Berikan alasanmu
o Sebutkan
manfaat tumbuhan hijau selain sebagai sumber makanan
dan bagaimana mensykurinya?
|
Bunga-bungaan(5), daun-daunan (5),biji-bijian(5)
,buah-buahan(5),tunas (5),umbi-umbian(5).
Tumbuhan hijau sangat penting bagi kehidupan
manusia dan hewan karena sumber makanan berasal dari tumbuhan
Kehidupan akan punah karna tumbuhan hijau tidak
ada lagi sementara hewan dan manusia sangat bergantung pada tumbuhan hijau.(selanjutnya
menurut pendapat siswa).
Obat-obatan,sandang,penyedap rasa ,peralatan rumah
tangga,(10)
Dan cara menjaganya dengan menjaga kelestarian
tumbuhan hijau yang ada dilingkunagn sekitar.(10)
|
30
20
30
20
|
Tembilahan
, 26 Nopember 2011
Mengetahui
Kepala sekolah
Guru mata pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar