Selasa, 03 April 2012

RPP IPA kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan pendidikan    :  MI NURUL  JIHAD
Mata pelajaran          :  IPA
Kelas / semester         : V/ I
Alokasi waktu            : 4 X 35 menit (2 kali pertemuan)

Standar kompetensi  :
·         Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kompetensi dasar     :  
·         Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
·         Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator       
Pertemuan ke 1
·         Menjelaskan pengertian fotosintesis
·         Menyebutkan bahan-bahan fotosintesis
·         Menyebutkan hasil-hasil fotosintesis
·         Menjelaskan proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
·         Menjelaskan tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan
·         Menyebutkan contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan
Pertemuan ke 2
·         Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan oleh manusia dan hewan
·         Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan
·         Menyebutkan contoh  manfaaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan
·         Memprediksi kehidupan hewan dan manusia tanpa tumbuhan hijau
·         Memanfaatkan tumbuhan hijau yang ada disekitar dan menjaga kelestariannya sebagai bentuk Syukur kepada Allah.


I.          Tujuan pembelajaran
Pertemuan ke 1        
·            Siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis
·            Siswa dapat menyebutkan bahan-bahan fotosintesis
·            Siswa dapat menyebutkan hasil fotosintesis
·            Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
·            Siswa dapat menjelaskan tempat penyimapanan cadangan makanan pada tumbuhan
·            Siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan
Pertemuan ke 2
·            Siswa dapat menyebutkan  bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan oleh hewan dan manusia
·            Siswa mampu menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan
·            Siswa dapat menyebutkan contoh manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan
·            Siswa dapat memprediksi kehidupan hewan dan manusia tanpa tumbuhan hijau
·            Siswa dapat memanfaatkan tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar dan menjaga kelestariaannya sebagai bentuk syukur kepada Allah


II.       Materi pembelajaran            :  Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari yang disebut dengan fotosintesis. Air dan karbondioksida diolah di dalam daun dengan bantuan cahaya matahari yang diserap oleh klorofil menjadi karbondioksida dan oksigen. Karbohidrat yang dihasilkan menjadi cadangan makanan yang disimpan dibagian tumbuhan itu sendiri seperti umbi,buah,batang,dan biji-bijian.contoh tumbuhan yang menyimpan makanan didalam umbi seperti wortel,kentang,sedangkan yang dalam buah seperti apel,anggur,di dalam batang yaitu tebu dan sagu sedangkan biji-bijian yaitu kacang-kacangan.
Bagan fotosintesis yaitu:

                     cahaya
H2O + CO2   ----------------> C6H12O6 + O2
                              klorofil

Tumbuhan hijau sangat penting untuk kelangsungan hidup makahluk hidup seperti hewan dan manusia karna merupakan sumber makanan, adpaun bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan menjadi makanan yaitu bunga contohnya bunga kol,daun-daunan contohnya daun sawi,sedangkan buah-buahan contohnya buah apel,umbi-umbian seperti wortel,tunas contohnya rebung dan biji-bijian contoh kacang-kacangan.

Manfaat lain dari tumbuhan hijau selain sebagai sumber makanan yaitu sebagai bahan penyedap rasa contohnya bumbu masakan, sebagai bahan obat-obatan contohnya tumbuhan  yang dimanfaatkan sebgai jamu, sebagai sandang contohnya kain dari  tanaman kapas, sebagai bahan peralatan rumah tangga contohnya meja yang terbuat dari kayu. Tumbuhan hijau sangat penting bagi kehidupan manusia dan hewan karna selain sebagai sumber makana tapi juga untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya karna manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan hijau untuk bertahan hidup tanpa tumbuhan hijau maka kemungkinan kehiduoan makhluk lain akan punah.
 
III.    Metode pembelajaran : ceramah dan tanya jawab,diskusi

IV.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1;
A.    Kegiatan awal:
-       Salam
-       Absensi
-       Motivasi
“Anak-anak  apa sudah siap kita belajar? Pada hari ini kita akan mempelajari tentang proses pembuatan makanan pada tumbuhan,nah ternyata tumbuhan juga memerlukan makan dan tumbuhan tersebut dapat menyimpan cadangan makanan  sendiri.

-       Apersepsi
“Nah sekarang ibu mau bertanya siapa yang pernah lihat kambing makan rumput yang segar?selain kambing yang makan rumput itu ternyata rumput yang dimakan itu juga memerlukan makanan,sekarang siapa yang tahu bagaimana cara tumbuhan membuat makanan?

-       Menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti

a.       Eksplorasi
1.    Guru memperlihatkan peta konsep yang telah dipersiapkan sebelumnya.
2.    Guru meminta siswa untuk memahami peta konsep tersebut
3.    Guru menjelaskan tentang penggunaan peta konsep tersebut
4.    Guru menggali informasi dengan mengadakan tanya jawab seputar masalah fotosintesis


b.      Elaborasi
1.    Guru meminta jawaban siswa satu persatu pendapatnya tentang fotosintesis
2.    Siswa menyampaikan pendapatnya yang nantinya akan dikoreksi oleh guru
3.    Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar bahan dan hasil fotosintesis
4.    Siswa diminta menjawab dengan memahami peta konsep
5.    Guru dan siswa melakukan tanya jawab seputar tempat penyimpanan cadangan makanan.
6.    Guru mengajak siswa menyimpulkan materi berdasarkan pendapat siswa


c.       Konfirmasi
1.    Guru mengkonfirmasi jawaban siswa
2.    Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
3.    Guru menanamkan nilai-nilai keislaman kapada para siswa dengan mensyukuri ciptaan Allah dimana tumbuhan mampu membuat makanan sendiri dan menyimpan cadangan makanan sendiri di bagian tubuhnya.


C.    Kegiatan penutup  
1.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.
2.    Guru mengadakan umpan balik
3.    Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran
4.    Guru meminta siswa untuk membaca materi selanjutnya tentang ketergantumgan makhluk hidup terhadap tumbuhan hijau.
5.    Guru menutup pelajaran


Pertemuan ke 2

a.     Kegiatan awal
·           Salam
·           Absensi
·           Motivasi
“Apa kabar anak-anak?sudah siap belajar hari ini?hari ini kita akan melanjutkan pelajaran kemarin tentang ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau”


·           Apersepsi
“Nah anak-anak siapa yang masih ingat bagaimana proses fotosintesis terjadi?yang tahu tunjuk tangan ya”

b.    kegiatan inti

a.       Eksplorasi.
1.    Guru memperlhatkan gambar-gambar yang berhubungan dengan manfaat tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan.
2.    Guru meminta siswa menentukan dari gambar-gambar tersebut apa saja manfaat tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia dan hewan.

b.      Elaborasi
1.    Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
2.    Siswa diminta menentukan manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan dari gambar yang ada.
3.    Siswa mendiskusikannya sesuai kelompok masing-masing dan guru juga meminta kelompok yang ada untuk mendiskusikan juga bagaimana keadaan manusia dan hewan tanpa tumbuhan hijua didunia.
4.    Guru membimbing dan mengontrol kelompok-kelompok yang ada.
5.    Guru meminta siswa melaporkan hasil diskusi sesuai kelompok masing-masing.
6.    Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7.    Guru menjelaskan kembali tentang materi yang dipelajari.


c.       Konfirmasi
1.    Guru mengkonfirmasi jawaban dari siswa.
2.    Guru memperkuat penjelasan tentang materi.
3.    Guru menanamkan nilai-nilai keislaman dengan memperkuat penjelasan bahwa kita sebgai mahkluk Allah harus mensyukuri adanya tumbuhan hijau yang membantu manusia dalam bertahan hidup dan hendaknya sebagai bentuk rasa syukur manusia bisa memanfaatkannya dan menjaga kelestariannya didunia ini karna Allah tidak menyukai orang-orang yang melakukan kerusakan dimuka bumi ini.

c.      Kegiatan penutup
1.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.
2.      Guru meminta siswa mengulang kembali pelajaran dirumah dan membaca buku.
3.      Guru menutup pelajaran

V.       Sumber/media           :  - Buku IPA kelas   5 SD (BSE dan Erlangga)
-   Peta konsep, gambar daun , tumbuhan kecil dan senter, gambar buah,umbi-umbian, batang dan akar,bunga,gambar pakaian atau sandang,peralatan rumah tangga,obat-obatan dan bumbu masakan.
VI.     Penilaian                   : 
1.                  Minggu pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi
Instrumen/ soal
 Kunci jawaban
Skor
o  Menjelaskan pengertian fotosintesis.






o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari .




o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.


o  Memberikan contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan!
o Jelaskan pengertian fotosintesis!





o Jelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya mathari!




o Sebutkanlah tempat
tumbuhan menyimpan cadangan makanan!


o Sebutkanlah masing-masing dua contoh tumbuhan yang memiliki tempat penyimpanan cadangan makanan!

o  Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari.

o  Proses fotosintesis yaitu dimana air dan karbondioksida bergabung dengan bantuan cahaya matahari yang diserap melalui klorofil didalam daun menghasilkan karbohidrat dan oksigen.


o  Umbi (5)
Buah (5)
Batang (5)
Biji (5)


o  Umbi= kentang,wortel (5) Buah= apel,mangga (5)Batang=tebu,sagu (5)
Biji= jagung,kacang hijau (5)

30




30






20


20


2.                  Minggu kedua

Indikator Pencapaian Kompetensi
Instrumen atau soal
Kunci jawaban
Skor
o  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.

o  Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.


o  Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.




o  Memanfaatkan tumbuh   an hijau dan menjaga kelestariannya sebagai bentuk syukur kepada Allah.
o  Sebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebgai sumber makanan!


o  Jelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi kebutuhan manusia dan hewan sebagai sumber makanan!


o  Jelaskan bagaimana keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau! Berikan alasanmu



o  Sebutkan manfaat    tumbuhan hijau selain sebagai sumber makanan dan bagaimana mensykurinya?
Bunga-bungaan(5), daun-daunan (5),biji-bijian(5) ,buah-buahan(5),tunas (5),umbi-umbian(5).


Tumbuhan hijau sangat penting bagi kehidupan manusia dan hewan karena sumber makanan berasal dari tumbuhan



Kehidupan akan punah karna tumbuhan hijau tidak ada lagi sementara hewan dan manusia sangat bergantung pada tumbuhan hijau.(selanjutnya menurut pendapat siswa).

Obat-obatan,sandang,penyedap rasa ,peralatan rumah tangga,(10)
Dan cara menjaganya dengan menjaga kelestarian tumbuhan hijau yang ada dilingkunagn sekitar.(10)
30






20







30







20

Tembilahan , 26  Nopember   2011
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                      Guru mata pelajaran



Ramzi Kurniawan                                                                                 siti aminah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar